Minggu, 15 Februari 2009

Heboh! Yahoo Messenger Digoyang Virus

Posted by with No comments

Belum tuntas masalah Conficker yang menebar rasa "was-was" melalui internet, kini sudah ada lagi varian virus baru yang menyusup melalui Instant Messaging (IM). Pengguna IM, khususnya Yahoo Messenger (YM) dan Skype kini kedapatan giliran menghadapi kiriman virus yang memalsukan dirinya seakan-akan sebagai pesan otentik yang dikirimkan oleh kontak dalam YM atau Skype Anda.

Hal itu terungkap oleh vaksincom (spesialis antivirus jaringan dan data recovery) melalui situs resminya. Jadi, jika Anda menerima pesan yang dikirim melalui YM atau Skype yang menyertakan link http://studyguide102.com/Organic/YouTube/ShitLady sebaiknya jangan diklik apalagi menjalankan file yang didownload. Pasalnya itu merupakan virus yang kini sedang menyebar dengan memanfaatkan media chat. Parahnya lagi, selain memanfaatkan aplikasi chat seperti Yahoo Messenger, virus ini juga akan memanfaatkan aplikasi chat lainnya seperti ICQ maupun Skype. Norman Security Suite mendeteksi virus ini dengan nama Worm:Coutsonif.A.

Untuk mengelabui user ia akan memalsukan alamat download file dengan menyertakan alamat Youtube. Jika pengguna meng-klik alamat tersebut secara otomatis akan mendownlad satu file dengan nama Lady_Eats_Her_Shit-_www.youtube.com yang di upload di www.rapidshare.com. Dalam hal ini sebenarnya Anda tidak mendownload file tersebut dari YouTube melainkan dari alamat www.rapidshare.com. File ini mempunyai ukuran sebesar 130 KB yang dibuat menggunakan Program Bahasa Visual C++.

Langkah amannya, jangan sekali-kali coba meng-klik alamat link yang diberikan oleh teman Anda di YM atau Skype, karena sebenarnya pesan tersebut bukan dikirimkan oleh teman Anda, melainkan virus yang sukses menginfeksi komputer teman Anda. Selain menyebar melalui YM dan Skype, virus ini juga menyebar melalui Flash Disk menggunakan fasilitas Autorun dan memiliki kemampuan meng-update dirinya.

(Indah PM/Vaksin)

0 komentar: