Rabu, 10 Juni 2009

Bahan Presentasi (Keylogger)

Posted by with No comments
-->
Keylogger (atau ada juga yang mengatakan key recorder) adalah suatu aplikasi atau software yang berguna untuk merekam semua penekanan tombol (keystroke) keyboard komputer ke dalam suatu file. Aplikasi keylogger ini bisa dikatakan seperti suatu pisau bermata dua. Di kalangan cybercrime keylogger sering digunakan untuk mencuri data username dan password pada suatu komputer tertentu. Tentu saja ini dilakukan tanpa sepengetahuan Anda. Hasil rekaman penekanan tombol keyboard tersebut lalu dikirimkan kepada orang yang mencuri data tadi. Bisa melalui e-mail, irc atau bahkan bisa diamati langsung secara realtime melalui web. Dari sisi positifnya, keylogger sering dimanfaatkan untuk mencatat segala aktivitas penekanan tombol keyboard ketika Anda jauh dari komputer Anda. Ini tentunya demi alasan keamanan untuk mendeteksi apakah komputer Anda digunakan oleh orang lain. Selain itu aplikasi keylogger sering juga digunakan oleh orang-orang tua untuk mengawasi kegiatan komputer anak-anaknya. Dengan memasang software keylogger pada komputer maka Anda para orang tua bisa mengetahui aktivitas anak Anda di depan komputer.
Keylogger ada 2 jenis yakni hardware Keylogger (berbentuk alat kecil) dan software keylogger (program komputer). Hardware keylogger sangat praktis, tinggal cabut colokan keyboard dan pasangkan di antara komputer dan keyboard.
Keylogger memiliki banyak software, diantaranya adalah :
- Ardamax Keylogger
- BlazingTools Perfect Keylogger
- Home Keylogger dari Spy Software
- Advanced Keylogger dari Eltima Software
- Power Spy 6.1
- Desktop Scout Viewer 5

Software keylogger yang kami pakai adalah PowerSpy 6.1 dan Desktop Scout Viewer 5.
Keylogger selain software, ada pula yang berupa hardware, sistem kinerja keylogger hardware adalah sebagai berikut :

Tidak ada perangkat lunak yang mampu mendeteksi keylogger hardware, karena alat tersebut bekerja pada level hardware input. Untuk mendeteksi keberadaan keylogger hardware, kita hanya dapat mengandalkan mata sendiri untuk melihat langsung keberadaan “benda mencurigakan“ yang terpasang diantara komputer dan keyboard.

-->
Antisipasi terhadap Keylogger
AntiSpy GhostBuster adalah sebuah utility program anti spy. Sebelumnya di dunia maya begitu banyak virus dan worm muncul setiap hari. Dari jenis perusak sampai yang hanya menganggu dengan memanfaatkan computer untuk menyerang computer lain merupakan hal biasa. Cara pemanfaatan program ini sebenarnya sudah dapat di antisipasi dengan melakukan update secara berkala dari daftar virus dengan mendownload update ke si pembuat program. Tetapi ada lagi yang menganggu para netter untuk menyelusuri dunia maya. Si spy program rupanya juga menganggu pemakai IE atau pastinya akan memanfaatkan setiap informasi yang didapat untuk suatu tujuan tertentu.
Jenis program ini disebut Spy program, bentuknya tidak hanya Exe atau Com tetapi bisa berbentuk beraneka macam seperti Java script ataupun script tertentu yang dijalankan secara langsung ketika seseorang memasuki sebuah website.
AntiSpy GhostBuster adalah program yang mencari file file pada sebuah harddisk seperti mencari program back door, Worm maupun program-program yang tersembunyi diam-diam didalam computer dan menunggu aktif kapan saja sesuai keinginan si pembuat.
Program yang kelihatannya tidak mampu discanner oleh program anti virus dengan update terbarupun rupanya dapat terlihat oleh program Antiy GhostBuster. Mungkin program antivirus tidak melihat berbahanya program bila sebuah program spy atau backdoor terdownload oleh pengunjung sebuah website. Tetapi Antiy GhostBuster melihat bahwa ini adalah program spy dan user perlu mengetahui bahwa computer telah dimasuki oleh program jenis tersebut.
Fungsi dari Anti Ghostbuster antara lain :
-->
1. Anti Hacker utility, berfungsi mengetahui adanya program atau jenis trojan yang ada dan tersembunyi didalam computer.
2. Information, untuk versi pro juga diberikan informasi lebih lanjut untuk pemakaian dan mempertahankan keamanan dari sisi pemakai.
Desktop Viewer Scout 5...
Pada persentasinya kali ini kami menggunakan desktop view scout 5 yang fungsinya memantau aktivitas client yang telah tersambung dengan jaringan. aktivitas" apa saja yang dapat dipantau, antara lain internet(browsing), masukkan id_password, apapun yang dikerjakan oleh keyboard, apapuny yang dilakukan di PC client akan terbaca dan terekam oleh aplikasi ini. Hasil rekaman tersebut dapat berupa gambar yang berekstensi .bmp atau bentuk text. Selain itu juga aplikasi ini dapat mengirim pesan ke client serta me- Restart, Log-off , shutdown komputer client. Untuk meRemote komputer ada 2 cara :
1. Hanya meremote tanpa melakukan aktifitas di komputer client sehingga tidak diketahui oleh client bahwa komputer sedang diremote.
2. MeRemote dengan menggerakkan komputer client, artinya kita bisa mengacak atau melakukan aktifitas apapun di komputer client dan client mengetahui bahwa komputer tersebut sedang direkam.
Aplikasi keylogger ini hampir sama dengan aplikasi yang lain , sama-sama merekam aktifitas. namun, kelebihannya bahwa aplikasi ini dapat me-restart, shut down and log-off komputer client secara langsung.
Jadi,
-->Keylogger adalah suatu software yang dapat merecord semua kegiatan dari pc sendiri maupun pc yang dihubungkan sebagai client. Hal ini dapat membantu dalam user dalam hal positif maupun dalam hal negatif sesuai dengan kebutuhannya atau cara pemakaian dari user tersebut. -->Serta KeyLogger dapat digunakan untuk menjaga keamanan suatu data dari suatu pc, sehingga software ini bekerja merecord semua hal yang terjadi di PC kita. Keylogger dapat digunakan oleh semua instansi.


buat temen" sekelompok yang mau .docnya ada disni.. klik disni aja ya....


0 komentar: