Sabtu, 04 Juli 2009

Michael Jackson Picu Serangan Spam

Posted by with No comments

Berita kematian bintang pop, Michael Jackson sepekan lalu ternyata memicu masalah baru dalam menimbulkan munculnya serangan spam.
Pengguna internet pun sebaiknya berhati-hati dan tetap waspada akan kemungkinan datangnya serangkaian ancaman yang memanfaatkan emosi dan rasa ingin tahu public tentang berita kematian super star Amerika: Ed McMahon, Farrah Fawcett dan Michael Jackson.
Bagi kalangan yang senang mencari berita perihal kehidupan ketiga super star tersebut, Symantec (perusahaan antivirus terkemuka) merekomendasikan agar mereka hanya mengunjungi situs-situs yang mereka kenal dan percaya. Symantec menyarankan agar tidak mengklik sembarangan link yang terkait berita ini dan pastikan agar solusi keamanan mereka selalu up-to-date.
Symantec bahkan telah mengamati spam yang tampak seperti berita CNN, padahal mengandung link ke halaman web jahat. Selanjutnya pengguna yang tergoda mengklik link tersebut akan diarahkan ke sebuah halaman Web yang meminta pengguna untuk mengunduh dan menjalankan file menggunakan Flash Player palsu, yang sebenarnya telah menginstal program jahat itu.
Beberapa taktik spam dan online lain yang diperkirakan akan muncul oleh Symantec di antaranya adalah:
• Spam dengan subyek mengenai kematian tragis tersebut yang mencoba menawarkan obat-obatan palsu, aplikasi-aplikasi menyesatkan (antivirus palsu), peranti elektronik palsu dan mengandung sisipan (malware)
• Kampanye peracunan (poisoning) mesin pencari dengan cara menginjeksikan situs-situs jahat ke dalam daftar teratas hasil-hasil pencarian mesin pencari mengenai kematian tragis tersebut
• Situs-situs yang mengklaim menyimpan video saat-saat menjelang kematian ketiga selebriti tersebut. Padahal situs ini menawarkan barang-barang palsu atau menginfaksikan malware
• Link video palsu ketiga bintang tersebut yang sebenarnya upaya menginfeksi pengguna dengan malware
• Pesan situs jaringan sosial berkenaan dengan kamatian tiga bintang tersebut yang dapat tersambung ke malware seperti W32.Koobface
• Tweeter yang mengabarkan ketiga kematian tersebut dengan link menuju berbagai situs Web jahat. (Indah PM)


INFOKOMPUTER.COM

0 komentar: