Minggu, 02 Mei 2010

Motivasi , Semangat ! Itu Perlu !

Sekarang saya mau bicara tentang motivasi. Ini yang paling saya suka. Bicara motivasi semua orang pasti punya motivasinya masing-masing dengan cara bagaimana, siapa, atau dengan apa mereka memotivasi dirinya sendiri atau orang lain.
Menurut wikipedia :
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Intensitas berhubungan dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas yang tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.
Sekarang menurut saya apa sih motivasi ? Motivasi ada sesuatu hal yang membuat orang punya semangat,kebangkitan serta daya juang untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkanya, tentunya dengan usaha dan doa. selain itu saya katakan itu "SEMANGAT" ! Setiap orang punya caranya masing - masing untuk memotivasi dirinya atau memotivasi orang lain. Misalnya dengan dorongan sahabat,teman,pacar, dan keluarga dia bisa termotivasi menjadi lebih baik. Itu fakta bedasarkan apa yang saya lihat. Masih saya jumpai banyak orang yang bisa hidup menyendiri cenderung kekuatan motivasinya lebih rendah dari yang biasa hidup sosial (bergaul). Mengapa ? karena mereka hanya mengenal satu sisi motivasi yaitu dari diri mereka sendiri. tanpa dipungkiri kita juga butuh motivator khusunya dari orng terdekat kita.
Belajar mengenai motivasi, saya merasakan sendiri bahwa motivasi itu perlu. Ketika saya dalam kebahagian, saya harus bisa melakukan yang lebih baik dari apa yang tlah saya lakukan hari ini. Ketika saya dalam keterpurukan , saya harus bisa melawatkan semua ini dengan kesabaran dan keihklasan serta usaha dan doa. Ketika saya melakukan kesalahan, saya meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi serta perlahan-lahan merubah diri saya mnjadi lebih berguna. Kemudian saya melihat kondisi anak-anak yg kondisi materil yg sangat minim, tapi mereka selalu mengatkan "kami harus jadi orang pintar dan sukses,! kami harus jadi kebanggan ibu dan bapak". Motivasi dan semangat itu yang selalu buat saya miris, mereka saja punya semangat dengan kondisi serba minimalis, kenapa saya tidak? Nah, seperti itu misalnya dengan mengucapkan hal" kecil itu bisa membangun motivasi yang besar dalam diri kita. Dengan motivasi-motivasi yang dipunya bisa membangun impian-impian dengan tujuan yang jelas, Insya allah semua itu dapat terealisasikan.
Motivasi itu ada dan harus selalu dibangun jika punya tekat ingin terus maju. ^^
Jadilah Motivator untuk diri sendiri dan orang lain. Motivasi dan semangat bisa merubah kehidupan kita menjadi lebih baik dari hari ini.. ^.^

4 komentar:

  1. kalo aku boleh berpendapat, ada satu lagi pendamping motivasi yaitu rasa percaya diri :)

    BalasHapus
  2. hmhm setuja aq lupa mencantumkanya :) itu pasti perlu ! ^^ wajib hukumnya,,

    BalasHapus
  3. motivasi eksternal emang perlu, tp jgn terlalu tergantung. misal, sama teman, pacar atw orang tua. ketika mereka tidak ada maka hilanglah jg motivasi kita. yg paling penting tuh motivasi dari diri sendiri..
    kalo boleh ngutip dr film 3 idiot,, hati itu lemah, maka kuatkanlah dia dgn cara bicara "All is well".hehehe,,

    BalasHapus
  4. hmhm setuju kang itu kenapa motivasi perlu ! eksternal hanya 30 % sedangkan internal 70 %.. hhe
    mereka pendukung tapi bukan yang terbesar.. hehe
    makasih kang ! ^^

    BalasHapus

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)