Rabu, 29 September 2010

Saat Air Matamu Mengalir ...

Posted by with No comments
Hmhm apa yang ada dibenakmu kini saat tahu cobaan dan masalah itu kerap datang dalam kehidupan kita ? Bersyukur , Menangis , Berteriak , Menyesal , Marah, kesal , gelisah, tidak perduli , dll. Semua cara bisa kita lakukan ! Namun, tidak banyak juga manusia bersyukur karena diberikan cobaan itu. Menangis , memang yang paling mudah ketika cobaan itu datang. Tidak Hanya perempuan , terkadang lelakipun melakukan hal yang sama saat semuanya tidak dapat mereka atasi .
Berikut ini kutipan islam mengenai cobaan dan air mata :

Setiap orang di dalam hidupnya pasti mengalami ujian dan cobaan. Manusia tetap manusia.Suatu ketika pasti diuji dan dicoba oleh Allah. Sebab memang demikianlah manusia diciptakan,sebagaimana firman Allah : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetesmani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya , karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat”. (QS. Al-Insaan : 2). Allah -Subhanahu wa ta'ala- juga berfirman :“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.”
(QS. Al-Balad : 4).
Maksudnya, dia berada di dalam bersusah payah sejak dia dilahirkan. Sejak lahir manusia sudah keluar menangis. Ini pertanda bahwa di dalam hidupnya dia harus menjawab segala macam ujian. Tidak semua yang diharapkan pasti diprolehnya. Di dalam kehidupan ini banyak hal-hal yang datangnya secara spontanitas. Tidak terduga sebelumnya,terkadang kehilangan orang yang dihormati dan dicintai. Terkadang kehilangan harta, keluarga, bahkan harus meninggalkan tanah air. Tabiat kehidupan di dunia sama pula dengan tabiat manusia itu sendiri yang serba penuh ujian dan kesedihan. Allah befirman di dalam Al-Qur’an :
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan,
kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang
yang sabar”.(Al-Baqarah :155).

Apa yang kamu lakukan saat air matamu mengalir ? Mengahapusnya dengan tisu, sapu tangan atau yang lain?
Hapuslah air mata mu menggunakan air wudhu , niscaya kita selalu diberikan keteduhan hati oleh Allah SWT dan bukti syukur kita kepada-Nya . Menangis atau sedih selalu diidentikkan dengan manusia yang lemah , namun tahukah bahwa Manusia sedih berdasarkan tingkat berfikirnya.Tapi pada hakekatnya, ketika seseorang dihadapkan kepada ujian, pasti dia berfikir bagaimana cara menanggulanginya. Mampukan dia atau tidak. Biasanya, kalau tidak mampu dia menjadi resah dan sedih. Kesedihan inilah yang terkadang membuat dia terlempar jauh dari agama, serta tidak tahu bagaimana bertawakkal kepada Allah.

Dan Ingatlah selalu lalu ucapkan :
Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'un ...”

sesuatu yang milik Allah maka akan kembali padanya . .

Maka bersyukurlah manusia yang masih memiliki air mata dan cobaan karena sesungguhnya Allah hanya menguji seberapa besar kita mampu untuk bertahan dan senantiasa bersabar ...
Segeralah berwudhu saat air matamu mengalir , karena air itu mampu menghapuskan dan menyejukkan hati dalam keadaan apapun...

0 komentar: