Jumat, 28 Oktober 2011

semangat pemuda!

Posted by with 2 comments
Sebelum masuk ke pokok bahasan, saya yakin isi sumpah pemuda pasti banyak yang nggak hafal atau malah kebalik-balik susunannya. ;) Nah, sekarang saya coba sebutkan satu-satu ya. 

Isi Dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua :
PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).
KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).
KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Itu isi asli dari Sumpah Pemuda dengan bahasa jaman dulu. he he..Untuk menjadi bahasa yang sesuai EYD bisa dilihat di wikipedia. Sebenarnya apa sih sumpah pemuda itu? Saya akan bercerita sedikit tentang itu. 

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

Itu tadi sekilas tentang sumpah pemuda. Buat saya sumpah pemuda itu sumpah setia para pemuda-pemudi Indonesia untuk tanah air, bangsa dan juga negara Indonesia. Pada masanya memang pemuda-pemudi berjuang untuk menyelamatkan negaranya dari penjajah. Itu semua jadi tonggak sejarah pergerakan pemuda-pemudi Indonesia. Era baru sekarang kita bisa wujudkan lagi dengan cara mengharumkan bangsa ini, mengembangkan potensi/budaya-budaya dalam tanah air dan hal-hal baik lainnya dalam segudang prestasi, misalnya olimpiade pendidikan, kejuaraan/turnamen olah-raga, kompetisi nari tradisional se-dunia atau menciptakan sekolah-sekolah gratis bagi anak-anak bangsa yang benar-benar ngga mampu dan yakin mereka bisa pintar seperti generasi Bung Karno. Sumpah Pemuda salah satunya adalah memiliki Nasionalisme yang kuat, tapi saya yakin pemuda pemudi Indonesia punya jiwa Nasionalisme yang kuat, contohnya dalam bidang kompetisi olahraga. Ya ampun, semangatnya untuk membela "luar biasa". :D Alahkah lebih baiknya kalau tau tanggal dan sejarah peristiwa-peristiwa di Indonesia.

Di hari yang penuh dengan semangat pemuda saya selalu berharap menjadi pribadi atau pemudi yang senantiasa mau membantu, mau berkembang, mau belajar, dan mau bekerja keras demi diri saya khususnya, demi orang lain, keluarga atau bahkan  bisa untuk negara  ini.  Semua itu butuh perjuangan dan semangat lho! semangat untuk terus berkembang dan maju. Saya memang tak sepintar Pak Habibie, tak seberani Bung Karno atau sekuat Pak SBY , tapi setidaknya saya bisa menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain  dalam segala aspek apalagi bisa untuk negara ini. Saya nggak ingin berjanji atau bersumpah tapi dengan ini, bisa jadi bukti saya menghargai sumpah setia ini, yaitu Sumpah Pemuda :)

2 komentar:

cintabumi_yeah mengatakan...

yeaaahh,,, semangkaaaa (semangat sumpah pemudaa),,, hehehe :)

.dedeph. mengatakan...

yeaaaaahh \m/