Kamis, 29 Maret 2012

The Raid : Silat yang Memukau Dunia

Posted by with 2 comments
Lagi-lagi Gareth Evans menyutradarai film laga Indonesia. Setelah sukses dengan film Merantau (2009) yang juga menampilkan laga hampir setiap segmen cerita. Kecintaannya pada seni bela diri tradisional Indonesia yaitu silat, terutama silat harimau, membuat dia memutuskan untuk kembali menyutradai film laga. Kita harus bangga dengan ini, negara kita kembali diapresiasi oleh dunia melalui film yang menyuguhkan silat. Tahukan bahwa silat harimau ini asli Indonesia? Silat Harimau salah satu aliran silat yang berasal dari Sumatera Barat. Ciri khas Silat Harimau adalah pada kuncian dan tangkapan. Umumnya teknik kuncian dilakukan terhadap lawan sambil membawa lawan rebah ke tanah. Ketika bertarung dalam posisi berdiri Silat Harimau memiliki teknik bertarung dibawah mirip seperti harimau yang bergumul ditanah. Jurus-jurus Silat Harimau tidak hanya mematikan lawan tetapi juga memiliki gerakan-gerakan yang indah sehingga enak dipandang mata.

The Raid rilis pada tanggal 21 Maret 2012 dan serempak di beberapa negara seperti Australia dan Amerika. Suatu kebanggaan bukan? Awalnya saya berpikir yang sama tentang kualitas film Indonesia, tapi ternyata kali ini saya harus mematahkan asumsi itu. Ini film laga Indonesia terbaik yang pernah saya lihat. Sebelum ditarik dari peredaran karena aksinya, maka hari ini (29/3/2012) bersama ke-2 rekan saya, akhirnya nonton film ini. Ini termasuk beberapa list film yang ingin kami tonton. Saat menonton film ini rasanya nafas saya berdegab lebih kencang dan tak ingin berhenti saat menonton. Tarik nafas dan kemudian melihat semua adegan silat yang memukau tersebut. Saya rela menahan untuk tidak pergi ke toilet agar tidak tertinggal satu adeganpun. Memukau! Keren! This's the real action movie in Indonesia! :D. Ditambah dengan pemeran utama film ini. Selain tampan, dia juga atlet silat Indonesia, yang memang tidak diragukan lagi kemampuan silatnya. Film ini sungguh brutal dan sadis. Tapi dibalik itu semua, saya rasa semua penonton film ini nggak akan diberikan ruang gerak atau nafas sekalipun.Whuuih...

Film ini berhasil memberikan ketegangan kepada penonton dan tidak terlalu terburu-buru memberikan adegan demi adegan. Film ini rapih dan juga mendekati sempurna. The Raid tidak hanya mengajarkan kesadisan tapi juga mengajarkan untuk berinisiatif. Menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang lain. Bukan mana yang menang dan bukan mana yang kalah. Siap menghadapi resiko yang ada. Tidak salah kalau film ini berhasil menghantui dan memukai dunia dengan segala serbuan yang disuguhkan secara sempurna. Penghargaan yang didapatpun sebagai gambaran bahwa kita bisa menghasilkan film-film bagus. 

Dibalik semua itu, rasanya ini juga menjadi gambaran, dimana kita memiliki sutradara-sutradara hebat yang seharusnya mampu menghadirkan pukauan ini dari anak bangsa. bukan bangsa lain. Ini juga proses pembelajaran dan saya berharap ini bisa jadi tolak ukur kembali menghadirkan film-film terbaik Indonesia. Jangan hanya bisa menghadirkan film bergenre horor dengan judul yang 'tidak senonoh' dan fulgarisme. Amin :)
The Raid

Tim SWAT (Special Weapons And Tactics), atau pasukan khusus tiba di sebuah blok apartemen yang tidak terurus dengan misi menangkap pemiliknya, raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek oleh polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman. Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai Tama, penyerangan mereka terbongkar. Dari penthouse suite-nya, Tama menginstruksikan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar. Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.

The Raid Poster

 The Raid | 2012 | Sutradara: Gareth Evans  Pemain: Iko Uwais, Pierre Gruno, Ray Sahetapy, Donny Alamsyah, Joe Taslim, Tegar Satria, Verdi Solaiman, Ananda George, Eka Rahmadia, R Iman Aji,  Yayan Ruhian, dll. 

-----
http://id.wikipedia.org/wiki/Gareth_Evans_%28sutradara%29 
http://www.indonesianfilmcenter.com/pages/filminfo/movie.php?uid=a35148a77d94&title=The Raid

2 komentar:

Syifa maharany Ardjumand mengatakan...

kekurangan pelmnya apa deph??? heuheu biar jadi review yang berkesan buat yang belum nonton kek saya :D

.dedeph. mengatakan...

kekurangannya apa ya? hampir sempurna,, haha kalau ngga suka film sadis mending bawa penutup mata aja.. haha..
ceritanya sih standar tapi silat sama soundnya mantap :D