Rabu, 02 Mei 2012

Modus Anomali, berpikir dan menegangkan

Lagi-lagi ini film kedua Indonesia yang saya bikin review setelah The Raid, yaitu "Modus Anomali". Awalnya nggak diniatin buat nonton film ini. Saya hanya mendengar "this's good Indonesian movie too", akhirnya tanpa sengaja ya saya menonton film ini juga bersama teman saya [1/2/12]. Saya masih bertanya-tanya dengan judul film ini. Jika diartikan dalam bahasa indonesia, modus anomali berarti sesuatu yang mendeskripsikan hubungan antara sebuah kata kerja dengan realitas dan intensi (modus) yang menyimpang (anomali : penyimpangan/hal aneh). Hal ini menggambarkan suatu kejadian diluar nalar pikiran manusia. Apa yang terjadi pada film ini? 

Film ini dirilis pada tanggal kamis, 26 April 2012. Modus Anomali film yang ditunggu pada tahun ini. Bagaimana tidak? Ketika saya menonton trailernya, saya tetap tidak mengerti jalan ceritanya apa. Film yang menggunakan bahasa inggris sebagai pelafannya dan subtitle Indonesia membuat film ini berbeda dengan yang lain. Pemain utama film ini sudah tak asing buat saya, Rio Dewanto. Sebagai pecinta FTV jelas saya tahu bahwa dia pemain sinetron lepas yang baik. Selain actingnya yang memukau, dia juga memiliki wajah yang mempesona. Maka tak jarang wanita-wanita ingin menonton film yang dibintanginya :D.  Film ini berlatar di hutan yang sangat luas. Buat saya suasana yang dipilih pas sekali untuk jenis film seperti ini.

Bicara soal film ini, film ini tidak menghentikan saya untuk menutup mata dengan tas. Film dimulai dengan kicauan burung di tengah hutan, laki-laki yang tampak kebingungan, keindahan hutan dan penuh dengan hiruk pikuk hutan, belum lagi ditambah suara musik yang disusun apik dengan suara-suara yang mencekam.
Seorang laki-laki (Rio Dewanto) yang tampak kebingungan keluar dari liang mengingat-ingat apa yang terjadi. Dia mencari informasi lalu didapatkannya sebuah handphone, tidak ada satu nomer kontak siapapaun. Lalu ia mencoba menghubungi salah satu call center, ketika dia ditanya "nama anda siapa?" dia diam tidak bisa jawab siapa namanya."HELP ME" itu yang selalu laki-laki itu katakan. Dia terus mencari siapa dia sebenarnya. 
Lalu dia berlari-lari dan menemukan sebuah rumah kayu yang ditengah hutan. Terdapat sebuah video kehangatan keluarga yang ada didalam dengan rangkaian kejadian yang membuat dia heran. Dia terus gelisah ada apa sebenarnya. Dia merasa sedang diikuti oleh orang yang mengancam nyawanya, seperti pemburu yang sedang mencari mangsa,belum ditambah dengan suasana malam gelap gulita yang mencekam dan suasana malam hutan. Efek suara — tapak kaki berjalan, angin malam, derit pintu-- kamera-kamera yang bergerak, desahan nafas lalu suara alarm dari sebuah jam, menjadi sebuah hal yang menegangkan, karena imajinasi bekerja liar mengingat sang tokoh (dan penonton) tak bisa melihat apa pun. 

Menghadapi film ini, saya sendiri tidak berhenti ingin menjerit, tak menginginkan berkedip mata karena takut kehilangan adegan demi adegan yang mencekam, tak ingin pergi ke toilet dan tetap fokus. Hal yang membuat saya tegang adalah efek suara-suara yang membuat adrenalin saya memacu, belum lagi saya berpikir keras tentang jalan ceritanya. Awalnya ada sebuah keluarga yang sedang menikmati liburan lalu dibunuh oleh pembunuh misterius, dikejar-kejar oleh sang pembunuh dan diabadikan dalam rekaman video, ini bukan menjadi liburan yang menyenangkan tapi petualangan yang menegangkan. Mencari jalan keluar ditengah kehilangan ingatan tentang siapa dirinya. Cerita ini tetap menjadi teka-teki, apa hubungan dari tiap orang dan jalan ceritanya. Saya tetap berpikir ditengah ketegangan. Film ini seperti mencari sebuah "tumbal" untuk mengetahui siapa dirinya, modus apa yang akan dicari. Film ini membuat saya harus berpikir untuk memecahkan sebuah teka teki di akhir ceritanya. Kejutan-kejutan dari film ini terkadang sulit untuk diprediksi.

Kalau Joko Anwar sendiri, semakin sedikit Anda mengetahui tentang film ini, semakin bagus. Alami sendiri atmosfirnya. Jadi, lupakan tulisan ini, lupakan resensi yang lain. Kosongkan pikiran Anda, dan siapkan diri untuk kejutan-kejutan. Dan, sepertinya, seperti yang saya alami, tidak cukup menonton sekali untuk memindai petunjuk-petunjuk "apa dan mengapa" yang kabarnya bertebaran dari awal film. (detik.com)

Penasaran ? Tonton deh filmnya ;D. Dan menurut saya untuk menciptakan film yang baik harus ada yang memulainya. Namun, lebih baik tetap menggunakan bahasa indonesia sebagai pelafalannya dan subtitle inggris biar lebih terlihat gereget dan love indonesia banget. ;) Sukses buat perfilman Indonesia! Kalau seperti ini saya rasa kita tidak akan kehilangan penonton Indonesia yang bisa mencintai karya anak bangsa. Berikut sinopsis singkat bedasarkan ulasan film indonesia:

Seorang laki-laki yang sedang berlibur dengan istri dan kedua anak mereka di sebuah kabin di hutan, dikejutkan dengan kedatangan seorang tamu yang tak mereka undang. Sebelum menyadari apa yang terjadi, laki-laki itu mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Ketika menemukan beberapa jam alarm yang tersebar di hutan itu. Dia harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu dengan keluarganya kembali. Sementara itu, di hutan juga sedang berlibur satu keluarga lain, yang mungkin berkaitan dengan keanehan yang sedang ia alami.

Modus Anomali| 2012 | Sutradara: Joko Anwar  Pemain: Rio Dewanto, Surya Saputra, Marsya Timothi, Hannah Al Rashid dll.

0 coment�rios:

Posting Komentar

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)