Rabu, 19 Desember 2012

Persahabatan, Cinta dan Nasionalisme 5 cm

Posted by with No comments
Oke ini kesekian kalinya saya membahas/mereview tentang film Indonesia. Kita harus mencintai negeri ini, hasil karya anak bangsa, seperti film yang akan kita bahasa kali ini. 
Film "5CM.", film yang diangkat dari sebuah novel best seller karya Donny Dhirgantoro pada takhir tahun 2007-an oleh penerbit buku ternama di Indonesia. Walaupun buku ini cukup tebal bekisar 381 halaman tidak mengurangi pecinta buku untuk membacanya. Selain karena judulnya yang simple juga isi dari cerita di dalam novelnya yang beragam. 

Baiklah mari kita membahas tentang filmnya. Saya sekitar tahun 2008an sudah membaca buku ini dan ketika film ini akan tanyang, ekspetasi saya 'agak' meragukan. Masalahnya film Indonesia ketika diangkat menjadi sebuah film akan jauh berbeda. Tanggal 12-12-12 menjadi pilihan terakhir untuk merilis film ini. "Dream, Faith, Fight" itu menjadi kunci dari best seller buku 5 cm dan Film 5cm the movie. Bercerita tentang lima orang sahabat yang jenuh akan persahabatannya selama belasan tahun. Merekapun memutuskan untuk pisah sementara. Hingga akhirnya mereka bertemu kembali di perjalanan mendaki gunung, dengan harapan menjadi pribadi yang lebih baik. Mendaki puncak gunung tertinggi di Indonesia bukanlah hal yang mudah butuh keberanian dan kerja keras serta tekad yang kuat untuk sampai di atas sana. Film ini menggambarkan sisi yang beragam, mulai dari persahabatan, lalu 2 cinta dan juga rasa nasionalisme yang tinggi. Memang novel -lah yang menceritakan detail-detail jalan ceritanya. Mulai dari Cinta segitiga Genta, Zafran dan Riani, kecintaan Ian pada Aktris Cantik namun tak kunjung selesai kuliah, kekakuan Arial pada saat bertemu wanita, dan kepolosan Dinda dalam menjawab banyak hal menjadi warna dalam tokoh-tokoh dicerita ini.

Rizal Mantovani (Sutradara) berhasil menata dengan baik susunan pemain dan juga lokasi yang Indah. Dengan pengalamannya menyutradai dia berhasil membawa penonton tertawa, tersenyum, dan juga haru biru. Film yang juga mengangkat keindahan Indonesia melalui Mahameru dan Ranu Kombolo berhasil membuat para pecinta film untuk pergi kesana. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa untuk mencapai kesana juga harus memiliki ketahanan tubuh yang kuat, pengetahuan tentang gunung dan mendaki serta perlengkapan yang cukup. Tidak semua mampu beradaptasi dengan lingkungan disekitar Mahameru. 

Pemandangan yang luar biasa indah tentang Mahameru menjadi sajian plus untuk film ini. Disamping bercerita tentang Lima sahabat yang selama belasan tahun berteman, adanya 2 cinta dalam persahabatan mereka, tentang mimpi-mimpi mereka, tentang harapan dan kehidupan serta tentang cinta tanah air. “Gantungkan keinginan lo 5 cm di depan jidat lo biarkan mengambang, mengambang seakan2 lo meraihnya.”   

Pesannya adalah apapun keinginan kita gantungkan didekat mata supaya kita melihat, supaya kita tahu , supaya kita bisa meraihnya dengan mata, tangan, kaki dan tekat yang kuat untuk meraihnya. 5 cm itu dekat dan ga semudah itu meraihnya. 

“Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa.” Keep our dreams alive, and we will survive..


Seharusnya film ini tayang pada 17 Agustus akan menambah kecintaan kita terhadap tanah air ini. Jangan pernah bertanya atas apa yang sudah diberikan negara ini untuk kita, tapi apa yang sudah kita lakukan untuk negara ini! Apa yang sudah kita lakukan untuk dirikita dan juga orang lain.. Selanjutnya... Saksikan di bioskop kesayangan anda ! :D Dan ketika saya memposting foto di instagram, pevpearce ikut like lho. ^^ < info ga penting > hehehe Selamat menonton. Maju terus Film Indonesia !!


Genta (Fedi Nuril), Ian (Igor Saykoji), Arial (Denny Sumargo), Riani (Raline Shah) dan Zafran (Junot) adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan belasan tahun lamanya. Suatu hari mereka berlima merasa jenuh dengan persahabatan mereka dan akhirnya kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya. Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlimapun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Sebuah perjuangan atas impian, perjalanan hati yang merubah hidup mereka untuk selamanya.

5 CM.| 2012 | Sutradara: Rizal Mantovani PemainFedi Nuril, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Raline Shah, Junot Ali serta Pevita Pierce.


sumber : http://www.indonesianfilmcenter.com/pages/filminfo/movie.php?uid=2345f456f2b0&title=5%20CM

0 komentar: