Sabtu, 16 Februari 2013

RectoVerso | Pelangi Cinta yang tak Terucap

Posted by with No comments
Buat saya Valentine tanggal 14 Febuari 2013 yang istimewa adalah film Rectoverso akhirnya keluar.. Film yang diangkat dari kumpulan cerpen Dewi 'dee' Lestari ini akan meraih kesuksesan yang sama dengan film-film sebelumnya. Selain karena alur cerita dari setiap novelnya mengandung banyak arti juga jalan cerita yang tidak mudah ditebak serta gaya penulisan yang berbeda.

Film omnibus ini menghadirkan 5 cerita dan disutradarai oleh 5 orang yang berbeda yaitu Malaikat Juga Tahu (Marcella Zalianty), Curhat Buat Sahabat (Olga Lydia), Firasat (Rachel Maryam), Hanya Isyarat (Happy Salma) dan Cicak di Dinding (Cathy Sharon).

Malaikat Juga Tahu :
Abang adalah seorang anak penderita autisme yang hidup bersama ibunya (Bunda) dan anak-anak kos di rumah mereka. Salah seorang anak kos itu adalah Leia. Leia adalah satu-satunya penghuni kos yang menaruh perhatian lebih terhadap Abang dan bisa berteman dengannya. Tanpa Leia sadari, Abang jatuh cinta padanya. Namun ketika Han, adik Abang, pulang ke rumah setelah menyelesaikan studinya di luar negeri. Han segera akrab dengan Leia. Cinta yang terjalin di antara Han dan Leia membuat Abang terluka. 

Firasat :
Senja bergabung dengan Klub Firasat, di mana setiap minggu para anggotanya berkumpul untuk berbagi cerita tentang berbagai pertanda. Senja sudah setahun mengikuti klub ini, tapi dia tak juga menceritakan apa yang ada dalam firasatnya. Senja bergabung ke dalam klub itu karena Ia selalu mendapat firasat setiap kali Ia akan ditinggal oleh orang terdekatnya. Alasan lain adalah ketua Klub Firasat yang bernama Panca. Senja jatuh cinta pada Panca. Hingga suatu saat Senja mendapat firasat buruk. Ia akan sekali lagi mengalami kehilangan. Setelah trauma yang pernah dialaminya.

Curhat untuk Sahabat:
Meskipun berbeda sifat, Amanda yang supel dan ceria mampu menjalin persahabatan dengan Reggi yang sabar, kalem, dan siap mendengarkan curhat Amanda. Suatu saat, Amanda jatuh sakit. Ia sadar bahwa tidak ada satu orang pun yang bisa Ia mintai tolong, bahkan pacarnya. Hanya Reggie yang bisa menolongnya. Pertolongan Reggie membuat Amanda menyadari bahwa yang ia butuhkan selama ini hanyalah orang yang menyayanginya apa adanya dan orang tersebut adalah Reggie. Namun di sisi lain, diam-diam Reggie mulai menyadari bahwa cinta ini sudah terlalu tua untuk dirinya.Suatu ketika Amanda menyadari atas apa yang terjadi.

Hanya Isyarat :
Lima orang backpackers bertemu lewat forum milis. Meskipun baru beberapa hari bertemu, Tano, Dali, Bayu dan Raga tampak sudah akrab bagaikan sahabat lama, amat kontras dengan Al yang selalu menyendiri dan menjaga jarak. Diam-diam, Al jatuh cinta pada Raga, sosok yang selama beberapa hari ini hanya mampu dikaguminya dari kejauhan, dari siluet punggungnya saja. Di suatu malam, kelima orang ini mengadakan permainan kecil, yaitu berlomba menceritakan kisah paling sedih yang mereka punya. Saat Raga menceritakan kisahnya, Al semakin terpukul. Meskipun Al keluar sebagai pemenang, namun Al semakin terseret pada daya tarik Raga, lelaki yang mungkin tak akan pernah ia miliki selamanya karena sebuah rahasia besar dalam diri Raga. Raga bukan mencari apa yang ingin dimiliki oleh Al.

Cicak di Dinding :
Di suatu malam, Bram, seorang pelukis muda yang masih lugu, bertemu dengan Saras, seorang wanita penghibur yang jauh lebih tua dan lebih “berpengalaman”. Saras memberikan malam yang sangat berkesan saat itu dan tanpa direncanakan mereka bertemu lagi. Kali ini mereka berusaha membangun pertemanan, meskipun akhirnya Bram tak kuasa untuk jatuh cinta pada Saras. Saras memutuskan untuk pergi, menghilang dari hidup Bram, dan meminta Bram untuk tidak mencarinya. Bram berusaha mencari Saras, namun gagal. Akhirnya, Bram tenggelam dalam kesibukannya sebagai seorang pelukis muda.  Enam tahun kemudian, Bram bertemu lagi dengan Saras di malam pembukaan pameran tunggal perdananya. Namun kali ini Saras membawa kejutan yang akan menentukan masa depan dan kebahagiaan mereka berdua. 

Setiap cerita diatas mengandung banyak art, namun yang paling saya sukai itu Malaikat Juga Tahu dan Hanya Isyarat. Malaikat Juga Tahu : kita tidak pernah tahu siapa yang tulus mencintai kita dan pada siapa kita jatuh cinta kelak. Hanya Isyarat : bahwa sesuatu yang kita cintai itu tidak harus kita miliki, dengan kita tahu siapa dia itu sudah cukup. Curhat untuk sahabat juga bagus yang menceritakan tentang kesetian terhadap sahabat yang berakhir dengan sebuah kesadaran. Firasat itu bercerita tentang firasat terhadap seseorang yang tidak harus kita ucapkan, kalau memang sudah dan akan terjadi itu akan terjadi. Cicak di dinding : mengungkapkan bahwa cicak itu lambang kesetiaan. 

Selain memang bagus jalan ceritanya, film ini juga menghadirkan pemain-pemain yang sudah tak asing di dunia perfilman Indonesia. Banyak pelangi cinta yang tak terucap dari setiap cerita yang ditampilkan. Dikemas dalam bentuk yang rapih dan mengandung beberapa unsur cerita, komedi dan juga drama romance. Selain itu soundtrack  dari filmnya juga menghadirkan Glenn Fredly, Raisa, dan Acha menambah miris hati untuk mendengar ayunan lagu diantara filmnya, serta lagu cicak di dinding yang membuat tertawa. Bagi yang penasaran mengungkap arti dari setiap filmnya, silahkan menonton di bioskop kesayangan anda. Bagi yang senang menangis, silahkan berurai air mata. Ungkap sendiri makna dari setiap filmnya :) Film RectoVerso mampu membuat saya menarik dan menghebuskan nafas seusai menonton dan mengungkap bahwa itu ada dan bahkan nyata... Haruskah mengungkap cinta itu atau hanya dipendam dan tak kan pernah terucap?

Buat saya inti dari cerita-cerita ini adalah "MENERIMA". 

Beberapa kutipan dari Film RectoVerso: 

Aku jatuh cinta pada seseorang yang hanya mampu aku gapai sebatas punggungnya saja.
Seseorang yang aku sanggup menikmati bayangannya dan tidak akan pernah bisa aku miliki,
seseorang yang hadir bagai bintang jatuh,
sekelebat kemudian menghilang,
sebelum tangan ini sanggup mengejar,
seseorang yang hanya bisa aku kirimi isyarat,
sehalus udara, langit awan atau hujan.

Saya adalah orang yg paling bersedih, karna saya mengetahui apa yg tidak sanggup saya miliki. #rectoverso #hanyaIsyarat  

100 itu sempurna, kamu lebih lebih sempurna #MalaikatJugaTahu #rectoverso

Kadang-kadang pilihan yang terbaik adalah menerima - #firasat #rectoverso 

Yg cuma ingin diam duduk ditempatku, menanti seorang yang biasa saja mengambil segelas air. #Curhatbuatsahabat #Rectoverso

Cicak di dinding nangkepin nyamuk agar manusia bisa tidur tdr nyenyak..cicak binatang degan kesetiaan tanpa manusia memedulikan #rectoverso #cicakdidinding
 



0 komentar: