Jumat, 18 November 2016

PINK | Mengungkap Sebuah Kasus

Posted by with 4 comments
Kali ini saya akan membahas resensi film Bollywood lagi. ☺ Film ini sempat ada selama satu minggu di bioskop Indonesia rilis ditanggal yang sama. Seperti biasa film Bollywood tak selama film-film lainnya tinggal di bioskop Indonesia. Ya.. lagi-lagi karena kurangnya penonton film Bollywood.. he.. hee..

Kali ini saya akan membahas mengenai film India bergenre drama thriller berjudul Pink, rilisan September 2016, besutan sutradara Aniruddha Roy Chowdhury dan penulis Ritesh Shah. Film ini dibintangi oleh Aktor Senior yang namanya sudah tidak asing didunia Bollywood, Amitabh Bachchan bermain dengan aktor/aktris film pendatang baru. Film Pink ini mengisahkan tentang seorang pengacara paruh baya Deepak Sehgal (Amitabh Bachchan) yang menderita bipolar disorder yang ingin berjuang memecahkan kasus pelecehan seksual yang dialami tiga orang gadis dari gangguan pria yang memiliki kekuatan/pengaruh kuat di India. 

Tiga gadis tersebut Minal Arora (Taapsee Pannu), Falak Ali (Kirti Kulhari) dan Andrea (Andrea Tariang) tinggal bersama sebagai penyewa rumah di Delhi Selatan dan bekerja profesional di bidangnya masing-masing. Suatu malam, Rajveer dan teman-temannya mabuk dan berusaha menggerayangi Arora dan dua teman sekamarnya yang menyebabkan pertikaian dan kekerasan. Rajveer kemudian mencoba untuk melakukan hubungan intim dengan Minal, gadis tersebut menolak. Lalu Minal mengambil botol dan mengenai mata Rajveer, tahu terluka parah tiga gadis tersebut meninggalkannya.

Merasa diabaikan, Rajveer dan teman-temannya ingin membalaskan dendam mereka dengan mencoba mengancam mereka dan pemilik rumah. Minal bahkan diculik dan dianiaya oleh teman-teman Rajvir dalam mobil yang bergerak. Minal (dengan dukungan dari temannya) akhirnya melapor kepada polisi setempat tentang Rajvir dan teman-temannya. Namun, polisi membalikkan tuduhan mereka karena telah menghilang saat kejadian malam itu dan menganggap Minal sebagai buronan. Dalam beberapa persidangan Rajveer menyampaikan laporan tidak menyenangkan mengenai tiga gadis tersebut. Rajveer merasa orang yang berpengaruh di India, ia memanfaatkan kesempatan itu. Minal kemudian dikenakan biaya untuk percobaan pembunuhan dan bisa menghadapi hukuman penjara selama lebih dari 10 tahun, jika terbukti bersalah. Akhirnya gadis-gadis lain diberi label sebagai terdakwa. Deepak seorang pengacara senior dengan pembawaanya yang dingin, ini juga menjadi keraguan bagi tiga gadis tersebut apakah Deepak berhasil menolong mereka?

Bagaimana kelanjutannya? Silakan menonton ya kawan.. hehehe   

Amitabh Bachchan sudah tidak diragukan perannya memainkan tokoh ini. Begitu pula lawan mainnya yang apik dalam memerankannya dengan segala emosinya. Film ini berhasil menjadi film box office di India dan dunia dan meraih keuntungan yang besar. Film-film di India selalu saja mengecoh para penonton dengan jalan cerita yang tidak mudah ditebak. Saya bertanya-tanya mengapa mengambil judul film "PINK", apa karena tentang perempuan? dan menurut sutradara dan penulis cerita, kita akan tahu maknanya setelah menontonnya. Singkat penjelasan artinya tentang kekerasan atau pelecehan seksual kepada wanita dalam bahasa gaul jalanan. 

 "...the various urban dictionaries online define “pink” as a reference to forced and often cruel or threat based occupation of a vagina by an unwelcome penis. That’s about as hard-hitting as it gets, there are other racial undertones also, which I first heard about, way-way back in the ’70s." In simpler terms, "vagina of the sort that is bought, with violence." -- sumber: > "Meaning of Pink" <

Kekurangan dari film ini cukup membosankan bagi penonton-penonton yang tidak senang dengan genre film seperti ini. Kekuatan dari film ini adalah bagaimana seorang Deepak yang sedang sakit atau memiliki gangguan psikologis, mengungkap kasus tiga gadis yang juga tetangganya, didukung dengan bagaimana ia berjuang dan ikhlas membantu mereka. Ini bukan hanya soal pelecehan, kasus kriminal, tapi juga soal hati nurani. ☺




PINK | 2016 | Sutradara: Aniruddha Roy Chowdhury | Penulis Naskah: Aniruddha Roy Chowdhury, Shoojit Sircar, Ritesh Shah| Pemain: Amitabh Bachchan, Taapsee Pannuu, Kirti Kulhari, Andrea Tariang, Angad Bedi, Vijay Varma, Raashul Tandon, Tushar Pandey | 
  

4 komentar:

Dini Lestari mengatakan...

Sukses Mba deph bikin resensinya (not spoiler).. sukses bikin orang yang jarang nonton Bollywood seperti saya penasaran..apa itu PINK? dan bagaimana pengacara di pilem Bollywood memecahkan kasus? apa sama kaya pilem Hollywood atau Drakor? qiqiqiqiq.. pasti jawabnya "silakan ditonton pilemnya" pilem Bollywood yg saya tau cuma kuch kuch Ho Ta Hai (bener ga yah nulisnya)

.dedeph. mengatakan...

bagi yang ga suka bollywood nanti akan saya share film2 bagusnya yah hehehee...
iyaaa.. harus ditonton doong.. no spoiler hehe :-)
pokoknya gtu lah rame mbaa dini.
sedikit lagi kuch kuch hota hai. :D nah skrg saatnya update film india terbaru 💙💙

Shanti Nurhayati mengatakan...

Bagus trailernya, jadi penasaran kelanjutannya .. Japri aja mba gmna lanjutannya coz aku ngga bisa nonton bioskop. Maklum punya balita. Hehehe. Salam kenal.

.dedeph. mengatakan...

hehehhe salam kenal.. lebih seruu nonton mbaa... soalnya lbh seru nonton ketimbang diceritain.. nontonnya pas debay nya bobo 😄😄 hehheee