Minggu, 12 Maret 2017

Memaknai Arti Nama Sendiri

Posted by with No comments
Awalnya saya tak mencari tahu arti sesungguhnya dari nama saya. Namun saat tumbuh besar saya menanyakan itu pada orangtua. Apa arti dari nama panjang saya. Setelah tahu, saya malah tersenyum lebar ternyata saya adalah keturunan Ayah saya tulen. hehehhee Memiliki arti yang sangat baik, nama saya rata-rata berasal dari bahasa sansekerta atau Hindi. Dua kata dari bahasa Hindi dan satu kata dari Belgia. Tiga unsur nama semua memaknai tokoh wanita di zamannya. Alhamdulillah namanya indah :)

Devi artinya adalah Goddess atau Ratu; Fabiola juga berasal dari nama tokoh pemimpin Belgium dan memiliki arti memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Mandiri, kritis terhadap diri sendiri dan orang lain. Syahfitri berasal dari penggalan nama ayah, syah dan fitri artinya suci atau savitri: berasal dari seorang dewi di Hindu. 

Maka tak heran jika pada akhirnya saya memiliki darah Hindi yang kental walau tak ada turunannya. ahahaha Kecintaan saya pada film, budaya dan daerah di India juga berasal dari Ayah dan nama saya ini sih. :-D Sampai sekarang kecintaan saya terhadap India tak bisa terlepaskan. ~~ 

Mirip-mirip dengan unsur Hindi, nama "beken" saya adalah dedeph panai (dedepanai). Ketika saya menyebutkan nama tersebut, banyak orang mengatakan namanya unik kayak orang India. Itu mungkin karena lihat orangnya yang mirip India juga. hahaha Singkat cerita. Dedeph berasal dari nama Devi yang diulang dalam versi sunda maka jadilah "Dedeph". Nama itu beken saat saya duduk di SMA, ketika guru dan teman-teman yang notabene warga Sunda susah menyebutkan huruf "f" maka berubahlah jadi "p", lalu saya dipanggil dengan nama "Depi bukan Devi" karena saya agak risih maka untuk mempermudah mereka, dipanggilah Dedeph. Secara nama saya semua mengandung unsur huruf "f" coba dibaca sendiri lagi deh. :D Panai sendiri berasal dari nama keluarga/marga/suku dari Minangkabau. Buat saya nama itu unik. Selain itu, saya ingin melestarikan budaya sendiri.Kalau bukan kita siapa lagi kan? Ketika nama itu saya pakai, benar saja keunikan namanya membuat banyak orang menanyakan apa artinya. Itu memang tujuannya dan semua orang kan jadi tahu. Siapa tahu dengan nama suku tersebut kita malah ketemu saudara sepersukuan. ;)

Nah, setiap nama yang diberikan orangtua memiliki makna dan harapan kepada anak-anaknya. Maka kita sendiri yang memaknainya dan menerapkannya pada kehidupan kita. Setiap nama pasti mengandung arti yang baik. Semoga nama yang selalu kita bawa kemanapun bisa terjaga, dan membuat kita selalu belajar jadi orang yang baik serta terus baik..  :D Namaskar!! /*\  Tumhara naam koun hai?

https://cdn1.tnwcdn.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2014/03/name-stickers.jpg

0 komentar: