Rabu, 12 Juli 2017

Udta Punjab | Narkoba dalam 4 Jiwa

Bicara soal narkoba dan peredaraannya  tak hanya Indonesia kini di duniapun ikut merasakan dan membuat kegelisahan serta keterpurukan terhadap generasi muda pada khususnya. Barang-barang tersebut menjadi laris dipasaran ketika keadaan ekonomi seseorang kian merosot atau butuh ketenangan dalam sekejap. Kini, banyak industri perfilman dunia membuat paket lain dalam gambaran kehidupan pengguna dan juga pengedar narkoba.

Udta Punjab dalam Bahasa Inggris berarti High Punjab, suatu istilah yang menggambarkan seputar penyalahgunaan narkoba di bagian Punjab, India utara yang makmur, dan bagaimana para pemuda di sana menjadi pengguna aktif dan kemudan menyerah sehingga terjadi kemerosotan sosio-ekonomi. Film ini menggabungkah kisah sederhana para pejuang 4 jiwa, dalam 1 kisah.

Tejinder "Tommy" Singh yang diperankan oleh Shahid Kapoor, juga dikenal sebagai "Gabru" di antara para penggemarnya, adalah seorang musisi rock dan metal Punjabi muda yang menjalani gaya hidup mewah dan sukses dalam karir musiknya. Ia adalah seorang pecandu berat narkoba. Inspirasi musiknya berasal dari Heroin. Heroin mampu membuatnya semakin bergairah dan menghasilkan karya yang "berantakan". Akibatnya, penggemarnya pun sangat mengagungkan Tommy dan meniru apa yang dilakukannya.

Lain kisah Tommy lain pula kisah gadis desa yang tidak disebutkan namanya diperankan apik oleh Alia Bhatt, yang sering disebut Bauria oleh seorang rekan kerja di ladang. Impiannya adalah menjadi pemain hoki tingkat nasional. Bauria bekerja sebagai buruh tani. Pertanian sebagai akses lain untuk menjajakan narkoba. Suatu malam, saat berkeliaran di ladang, dia menemukan sebuah paket. Setelah merobek isinya dan mencicipinya, dia menyadari bahwa itu adalah semacam obat, dan kemudian ia berpikir untuk untuk menjualnya. Tapi ternyata ia dalam masalah besar, dia dikejar dan ditangkap oleh sekelompok mafia narkoba. Merka malah menyiksa dan melakukan pelecehan seksual, diberikan pula obat-obatan terlarang yang membuat iapun ikut hancur dalam genggaman narkoba.

Di kota tetangga tinggallah Preet Sahni (Kareena Kapoor Khan), seorang dokter dan aktivis yang mengelola pusat rehabilitasi narkoba. Sartaj Singh (Diljit Dosanjh) adalah seorang polisi brida yang terikat pada stasiun kota yang mengetahui tentang penyelundupan obat-obatan yang diharapkan oleh seniornya dalam skala besar. Sartaj mengalami keadaan tersulit ketika adik yang sangat dicintainya juga ternyata terjerat narkotika. Dia berhasil menemukan bahwa di balik masalah narkoba di Punjab adalah seorang pria tua bernama Vikrant yang telah berkembang dengan dukungan dari seniornya di kepolisian, yaitu MP Maninder Brar. Sartaj dan Preeti melakukan tindakan ekstrim untuk mengumpulkan bukti terhadap anggota parlemen dan mengumpulkan sebuah laporan untuk dikirimkan ke Kepolisian. Namun, suatu malam Preet tak sengaja dibunuh oleh Adik Sartaj, yang sedang mencoba melawan keinginanya untuk mengonsumsi narkoba (sakau) di pusat rehabilitasinya. Polisi yang datang untuk menyelidiki pembunuhannya.

Tommy akhirnya ditangkap Sartaj Singh karena sedang pesta narkoba. Tommy Singh, bebas dengan jaminan, lalu kabur ketika sebuah panggung yang dipersiapkan untuk kembali menyambutnya. Bauria juga berhasil kabur dari sekapan mafia narkoba. Mereka kemudian bertemu di suatu tempat sebagai gelandangan, merana. Lalu bagaimana kelanjutan kisah mereka? Silakan menonton ya teman... :D

Akting dari Shahid Kapoor dan Alia Bhatt sungguh diacungkan jempol bahkan mendapatkan standing ovation dari penonton. Kareena Kapoor Khan dan Diljit Dosanjh pun mampu memukai dalam perannya masing-masing. Adegan demi adegan mampu membuat penonton sesekali menutup mata karena aksi yang sangat mencekam dan penuh kekerasan. Film ini kategori dewasa dan jangan ajak anak-anak untuk menontonnya ya. Saya memberikan apresiasi kepada sutradara Abishek Chaubey, yang berhasil membuat film Bollywood rasa Hollywood. ;) Saya memberikan rating 9/10 ! Akting Alia dan Shahid juga membawa beberapa penghargaan sebagai pemain terbaik tahun 2016. Drugs Di Maa Di!

UDTA PUNJAB | 2016 | Sutradara: Abhishek Chaubey | Penulis Naskah: Sudip Sharma & Abhishek Chaubey | Pemain: Shahid Kapoor, Alia Bhatt, Kareena Kapoor Khan, Diljit Dosanjh| Produksi: Balaji Motion Pictures, Phantom Films


sumber gambar: wikipedia


Share:

2 komentar:

Si Harahap mengatakan...

kasih tahu istri ah ada film india bagus nih... Salam hehehe

ardentusstory.com

.dedeph. mengatakan...

iyaaa nonton deh ­čśü