Rabu, 17 Januari 2018

Maaf, Anda ditolak Donor!

Posted by with 1 comment
Apakah anda termasuk orang yang senang donor darah rutin setiap 3 bulan sekali? Sebagian besar orang takut donor darah adalah ketika melihat jarum suntikan cukup besar itu, lalu disedot pula darahnya sebanyak 350 ml. hehehe Alhamdulillah saya dalam kondisi yang sehat dan masih diperbolehkan untuk rutin mendonorkan darah saya ke Palang Merah Indonesia (PMI) setiap 3 bulan. Selain karena senang berdonor, golongan darah yang saya miliki pun sulit didapatkan, yaitu golongan darah A. 

Dulu sebelum saya rutin mendonorkan darah, saya terbentur pada kondisi badan. Kenapa? olahraga cukup, makan cukup, tidur cukup, dan memiliki riwayat tekanan darah normal. Lalu? Setiap melewati tahapan akan berdonor, yang tidak lolos adalah berat badan saya. Saat itu minimal berat badan 45 kg. Nah, saat itu berat badan saya hanya 43 kg saja. 😎 Maklum masih ramping saat masih kuliah dulu. Kalau sekarang? Jangan ditanya. hahah Niat saya yang kuat, membuat saya berpikir untuk tidak boleh lagi ditolak oleh petugas PMI. Akhirnya saya mencoba untuk menaikkan berat badan sebanyak 2 kg. Setelah menunggu 6 bulan akhirnya saya berhasil.😁 Menaikkan berat badan lebih mudah daripada menurunkan, bukan? Jadi bagaimana dengan kalian? 

Sebelum mendonorkan darah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.  Jika semua persyaratan itu dipenuhi Anda akan lolos seleksi menjadi pendonor. Berikut persyaratan sebelum mendonorkan darah:[1]
  1. Sehat.
  2. Usia 17–60 tahun.
  3. Berat badan minimum 45 kg untuk donasi 350 ml, dan 50 kg untuk donasi 450 ml.
  4. Tekanan darah sistolik 110-160 mmHg.
  5. Tekanan darah diastolik 70–100 mmHg.
  6. Hb min 12,5 gr/dl.
  7. Bagi Wanita tidak sedang haid, hamil, menyusui. Interval donor  darah 1 minggu sebelum atau 1 minggu sesudah haid.
  8. Interval donor darah setiap 3 bulan (70 hari) sekali.
  9. Tiga hari terahir tidak mengkonsumsi obat yang mengandung salisilat.
  10. Tidak mempunyai penyakit berat (jantung,  hati,  ginjal dll).
  11. Tidak mendapat imunisasi virus dilemahkan dalam waktu 2 minggu.

Hari Sabtu kemarin saya mendatangi PMI kota Bandung. Ada yang berbeda dari PMI, ada beberapa komputer di sana. Maklum saya sudah vakum donor selama 8 bulan donor darah hihii. Saat ini PMI Bandung berinovasi untuk melakukan pendaftaran secara komputer, tidak lagi menulis formulir secara manual. Jika anda kesulitan nanti ada petugas yang siap membantu anda untuk mengisi formulir secara komputer. Setelah mengisi semua isian formulir yang dibutuhkan, nanti Anda akan mendapatkan kertas yang berisikan isian tadi serta nomer antrian untuk periksa kesehatan dan tekanan darah oleh Dokter di PMI. Kemudian, saya seperti biasa diperiksa kesehatan dan tekanan darah. Namun, kali ini saya ditolak oleh Dokter di PMI. Sediiih. 😥 Alasanya karena saya habis mendapatkan vaksinasi. Tiga minggu yang lalu saya mendapat vaksinasi influenza. Dokter mengatakan bahwa syarat di PMI jarak boleh untuk melakukan donor adalah 8 minggu setelah vaksinasi. Vaksin seperti influenza, difteri, cacar, tetanus, folio, hepatitis dan vaksin ringan lainnya. Saya juga pernah membaca suatu artikel, jika setelah melakukan vaksin rabies/anti rabies  bisa menunggu urang lebih 1 tahun. Namun, alangkah lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, apakah kita bisa melakukan donor apa tidak. 




Donor darah tidak dapat dilakukan setelah melakukan cabut gigi, setelah operasi kecil (selama 6 bulan) dan operasi besar (12 bulan), setelah menerima transfusi darah (selama 1 tahun), setelah melakukan pemasangan tattoo, tindik, tusuk jarum (selama 1 tahun), setelah sakit tifus (selama 6 bulan), setelah terjangkit malaria (selama 13 tahun), dan kontak erat dengan penderita hepatitis (selama 12 bulan). [2]  

Donor darah juga menunjukkan bahwa kita dalam kondisi yang sehat. Tidak menderita penyakit yang membahayakan, seperti HIV/AIDS atau kanker. Pihak PMI akan memberitahukan kepada pendonor apabila memiliki penyakit yang membahayakan untuk tidak mendonorkan darahnya kembali dan  segera berkonsultasi dengan dokter. Selain karena manfaat kesehatan donor darah juga membantu orang lain yang sangat membutuhkan darah kita. Mudah-mudahan selalu sehat dan darah yang kita sumbangkan bisa bermanfaat dan mampu menyelamatkan nyawa orang lain ✋ Aamiin. 👼 Ayo, jadi berani menerima tantangan untuk berdonor darah? GIVE BLOOD SAVE LIFE.





1 komentar:

Mia n mengatakan...

Info yang bagus... Ternyata gak semudah itu ya buat bisa donor darah.. 😁