Rabu, 12 Oktober 2011

ditolak atau diterima?

Posted by with 4 comments
Bercerita tentang tulis menulis, saya akan bercerita tempat dimana saya bekerja yang sangat berhubungan dengan dunia itu. Oke hampir satu tahun saya ada dilingkungan penerbitan buku terkenal di Indonesia, namun sebelumnya saya sudah pernah memposting dengan judul scary job menceritakan sedikit tentang pekerjaan saya. Ya, disana saya menginput, mengurus administrasi perusahaan, mengelola database perusahaan dan mengurusi naskah-naskah (calon) penulis. Hmhm,,, tahukan berapa banyak naskah yang masuk di bagian saya ? lalu ada di meja saya? Seperti mendapat puluhan keranjang durian :D. 
Naskah yang datang itu beraneka ragam dari cara penulisan, ide, judul, kreatifitas, bentuk naskahnya dan lain lain. Naskah diinput lalu dibagikan ke manajer/editor sesuai dengan lini masing-masing. Sebenarnya saya ingin seperti mereka mengirimkan naskah, ya kalau rezeki naskahnya diterima kalau tidak ya ditimbun. Well, balik lagi ya. Saya sedikit merasakan perjuangan suka dukanya penulis, ngga sedikit lho naskahnya ditolak berulang kirim dan kirim lagi. Apalagi saat saya lihat naskah hasil evaluasi yang udah diwarnai dengan cap "ditolak" itu rasanya miris/menyedihkan. Setiap minggu meja kerja saya dihiasi dengan naskah warna-warni cap "ditolak atau diterima". Memang setiap penerbitan punya sasaran atau agenda masing-masing, yang ngga sesuai ya ditolak. Hemmm, Kadang itu buat ciut nyali saya menulis kadang juga memotivasi. Ya buat semua yang senang menulis, dan ingin jadi penulis jangan patah semangat ya.! Ngga mudah lho, tapi ketika dapat hasilnya diterima seperti dapet hujan uang :D 
Selain dapet pengalaman belajar menulis dengan baik dari evaluasi naskah-naskah orang, saya juga berkesempatan membaca buku gratis apalagi buku-buku baru. Itu kesempatan yang ngga boleh dilewatkan. Menambah pengetahuan baru, menambah quote baru, dan menambah koleksi buku-buku baru. Tahukan bahwa orang bisa menilai kita dari cara kita  menulis. Melihat dari sisi gaya menulis, menyampaikan pesan dan terbawa dalam daya khayal penulis..
Saya beruntung bisa dikasih kesempatan untuk mencicipi bekerja disini, tempat dimana saya bisa mengasah kesenangan saya yaitu menulis dan mengajarkan saya untuk selalu senang membaca :) #Alhamdulilah

* Beberapa buku yg diterbitkan - Bentang Pustaka

* Beberapa buku yg diterbitkan - Mizan Publishing

4 komentar:

adynura mengatakan...

Ngiri pengen kerja kayak dedeph...
pengen bisa baca-baca buku barunya juga,gratis pula :p

i hope i can work with you.. *eh?

hahaha...jadi inget teteh galak *oops*

.dedeph. mengatakan...

hehe nanti suatu saat :D

^upss galak-galak tapi cute hahaha

paizin palma mengatakan...

Mbak kerja di bentang pasti...

Barusan naskah saya ditolak :p tapi tenang, saya ngirimnya via email biar mbak gak perlu liat cap ditolak :v

.dedeph. mengatakan...

sudah engga mas :)